Abu Hasan Beri Sinyal Non Job Kapus Kulisusu Barat

471
Bupati Butur, Abu Hasan
-Advertisement-

BURANGA, Kumparansultra.com- Keluhan masyarakat atas tak maksimalnya kinerja Kepala Puskesmas (Kapus) Kulisusu Barat (Kulbar) hingga soal kehabisan obat sampai juga ditelinga Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan. Orang nomor satu di Butur inipun langsung bereaksi atas keluhan masyarakatnya itu.

“Tidak menutup kemungkinan saya akan turunkan tim Inspektorat untuk mengevaluasi Kapus Kulisusu Barat seperti halnya Bone Rombo,” kata Bupati Butur, Abu Hasan menyikapi keluhan masyarakat di kantornya, Senin 17 Juni 2019.

Kata dia, bila benar terjadi keresahan dari masyarakat dan tenaga kesehatan yang dibuktikan dengan fakta-fakta di lapangan, maka Ia tak akan segan memberikan sanksi. Sebab hal itu sudah termasuk bagian dari kelalaian tugas.

“Sanksi untuk temuan itu ada klasifikasinya ya. Jika temuannya kategori sedang masih bisa kita pertimbangkan tapi jika temuannya berat, harus non job,” tegasnya.

Sebenarnya, kata dia, terkait pelayanan dan kekurangan obat tinggal memperbaiki sistem manajemen pusmesmas. Namun harus diperhatikan agar jangan sampai mengambil hak dokter, bidan atau perawat dan tenaga kesehatan lainya.

“Tinggal kegesitan manejemen mereka sebenarnya untuk mengatur ketersediaam obat karena khan dananya tersedia. Namun jika ini dinilai urgen maka saya akan turunkan Inspektorat. Karena yang evaluasi itu adalah Inspektorat bukan bupati,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Butur, Kasrul mengakui bila Puskesmas Kulbar kehabisan obat dan pelayanan tak maksimal. Terkadang, kata dia, puskesmas membuat Rancangan Kegiatan Obat (RKO) tidak berdasarkan pada kebutuhan puskesmas dan tidak berdasarkan kasus-kasus yang ada.

“Iya, memang kehabisan satu stok obat seharusnya bisa ditutupi jenis obat yang lain. Khan ada dana kapitasi yang sewaktu-waktu bisa digunakan,” katanya.

Selain kekuarangan obat, kata dia, manajemen puskesmas seharusnya terus dikontrol oleh Kapus setiap minggu. Sebisanya bila terdapat kendala seperti kekurangan obat cepat dikoordinasikan dengan dinas teknis.

Baca Juga :  Bupati Butur : Akan Ada Pelantikan Hasil Evaluasi

Ditanya soal kiat-kiat untuk evaluasi kinerja kepala puskesmas Kulisusu Barat, Kasrul mengaku bukan kewenangannya. Namun mengenai hal ini, Ia mengaku sudah disampaikan ke pimpinan dalam hal ini Bupati Butur, Abu Hasan. (adm)

Penulis : Ilham

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here