AS Tamrin: Cegah Konflik Sosial Perkuat Kearifan Lokal

73
Wali Kota Baubau, Dr AS tamrin saat memberikan sambutan dalam acara komunikasi sosial bersama pimpinan daerah lingkup wilayah Kodim Buton 1413 Buton, Selasa 18 Juni 2019.
-Advertisement-

BAUBAU, Kumparansultra.com- Komandan Kodim (Dandim) 1413 Buton, Letkol Inf Davy Darma Putra mengatakan, konflik antar dua desa di Buton baru-baru ini menjadi sebuah pelajaran berharga. Menjadi sangat penting bagi semua kepala daerah untuk berperan aktif mencegah konflik serupa dimasa depan.

Kata dia, peran aktif pemerintah dalam mencegah konflik sosial yang paling ampuh yakni dengan terus mempertahankan kearifan lokal. Tanamkan dalam benak setiap insan bahwa masyarakat Buton berasal dari suku yang sama.

Hal itu dikatakan Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Davy Darma Putra dalam acara komunikasi sosial bersama pimpinan daerah lingkup wilayah Kodim Buton 1413 Buton, Selasa 18 Juni 2019. Giat itu bertujuan untuk membangun sinergitas dengan seluruh kepala daerah di wilayah hukumnya demi meminimalisir terjadinya konflik antar masyarakat di Kepulauan Buton.

“Kami butuhkan peran pemerintah untuk menyampaikan dalam setiap kesempatan, meyakinkan masyarakat kalau konflik daerah ini tidak ada kaitannya dengan etnis. Sampaikan kalau suku di Buton ini hanya satu, yaitu suku Buton itu sendiri,” katanya.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin sangat mengapresiasi terbangunnya sinergitas ini. Melalui sinergitas ini,isu konflik antar masyarakat dapat diredam sedini mungkin.

Ia meyakini kearifan lokal dan kesadaran masyarakat atas ikatan persaudaraan paling penting untuk meminimalisir konflik. Olehnya, ikatan itu perlu dipupuk dan dijalin sekuat-kuatnya.

Doktor jebolan IPDN Jatinangor ini tak menampik dalam era globalisasi saat ini, informasi beredar sangat cepat. Olehnya media sosial yang dianggap menjadi corong informasi agar menyampaikan pesan damai.

“Nah, melalui media sosial, pertemuan ini dapat diinformasikan secara berantai kepada masyarakat. Jangan cuma gunakan medsos untuk provokasi,” imbaunya.

Agar sinergitas ini terjaga, AS Tamrin mewanti seluruh lurah di Kota Baubau untuk mendukung seluruh kegiatan TNI dilapangan. Utamanya bidang percepatan pembangunan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga :  Pemkot Baubau Negosiasi dengan Korea Tambah Armada Pemadam

Sekedar diketahui, Kodim 1413 Buton memiliki enam wilayah hukum. Diantaranya Kota Baubau, Kabupaten Buton, Bombana, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Wakatobi. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here