Awasi Pilkada Wakatobi, Galang Partisipasi Pemilih Milenial

67
Ketgam : Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif menyambangi dua sekolah di Kabupaten Wakatobi.
-Advertisement-

WAKATOBI, Kumparansultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi kian intens melakukan pengawasan dan kewaspadaan terhadap berbagai jenis pelanggaran diperhelatan Pilkada Kabupaten Wakatobi yang dihelat tahun depan.

Pengawasan tak hanya melibatkan petugas internal, masyarakat dan berbagai elemen lainnya. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi juga menggalang pemilih milenial.

- Advertisement -

Beberapa waktu lalu, lembaga yang diketuai La Ode Muhamad Arifin mendorong pembinaan terhadap para pemilih pemula melalui program Bawaslu Go To School.

Kegiatan bertajuk pengawasan pemilu partisipatif menyambangi dua sekolah untuk melakukan sosialisasi. Diantaranya SMAN 2 Wangi-Wangi dan SMA Plus Babusalam.

Kegiatan dibuka oleh kepala sekolah yang dikunjungi dan sebagai moderator yaitu Koordinator Sekretariat Bawaslu Wakatobi DR. La Ode Yusuf, S.Pd,. M.Hum.

“Output kegiatan ini adalah mendorong partisipasi pengawasan dan partisipasi bagi pemilih pemula untuk mensukseskan pilkada wakatobi tahun 2020,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Wakatobi, La Ode Muhamad Arifin, S.Pd,. S.Ap,. M.pd

Dalam sosialisasi tersebut, La Ode Muhamad Arifin memperkenalkan struktur kelembagaan Bawaslu dan fungsi Bawaslu Wakatobi. Selain itu, para siswa yang sudah memenuhi syarat memilih dihimbau untuk memastikan terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Selain Ketua Bawaslu Wakatobi, sosialisasi ini hadir pula koordinator Divisi Hukum, Penangan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HPP), La Ode Januria, SH serta Kordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Arfis, SP.

Pada sesi sosialisasi ini juga Arfis, SP selaku kordinator divisi PHL Bawaslu Kabupaten Wakatobi mengharapkan peran pemilih pemula untuk menjadi mitra bawaslu sebagai sumber informasi atau melaporkan ketika ada dugaan pelanggaran.

Diakhir kegiatan siswa SMA Negeri 2 Wangi-Wangi, Abdul Azis menilai kegiatan tersebut memberikan pemahaman tentang pengawasan partisipatif dan bagaimana menindaklanjuti pelanggaran yang terjadi.

Baca Juga :  Bupati Buteng: Kebersamaan Adalah Kekuatan Kita

“Harapan saya pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini bisa menjadi pilkada yang jujur adil dan bermartabat,” ujarnya. (Adv)

Koordinasi Dengan Mitra Kerja Kian Intens

Bawaslu Kabupaten Wakatobi melakukan giat rapat koordinasi bersama mitra kerja penyelenggara pemilu.
Bawaslu Kabupaten Wakatobi melakukan giat rapat koordinasi bersama mitra kerja penyelenggara pemilu.

Bawaslu Wakatobi sadar betul pengawasan pemilu tak bisa dilakukan sendirian. Tak heran, koordinasi dengan mitra kerja menjadi salah satu hal yang intens dilakukan Bawaslu.

Langkah awal yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Wakatobi yakni melakukan rapat kerja bersama mitra kerja dalam pelaksanaan pilkada Kabupaten Wakatobi. Rapat kordinasi melibatkan KPUD Kabupaten Wakatobi, Polres Wakatobi, Perwira Penghubung, Danposal, Kesbang, Capil, Kejaksaan, Sat-PP, serta partai politik.

Dalam rapat tersebut beberapa catatan sebagai persiapan dalam menghadapi pilkada Wakatobi. Semua lembaga terkait telah menyiapkan sejak dini segala hal untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada tersebut. (adv)

Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

SELAIN melakukan rapat kerja bersama mitra kerja, Bawaslu Kabupaten Wakatobi juga melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula yakni di sekolah dengan program Sosialisasi Goes To School.
Sosialisasi partisipasif ini dilakukan oleh Bawaslu Wakatobi dalam rangka memperkenalkan program lembaga Bawaslu Kabupaten Wakatobi yang akan menghadapi pilkada pada tahun 2020.

Sosialisasi kepada pemilih pemula melalui program Bawaslu Goes To School yang digelar di SMAN 2 Wangi-wangi dan SMA Plus Babusalam.
Sosialisasi kepada pemilih pemula melalui program Bawaslu Goes To School yang digelar di SMAN 2 Wangi-wangi dan SMA Plus Babusalam.

Sosialisasi dihadiri semua unsur pimpinan Bawaslu Kabupaten Wakatobi, diantaranya Ketua Bawaslu, La Ode Muhammad Arifin, Kodinator Divisi SDM, Arfis, Koordinator Divisi Pengawasan La Ode Januaria, dan Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan.

Secara bergiliran sebagai narasumber menyampaikan program kerja lembaga bawaslu sebagai penyelenggara pilkada di Kabupaten Wakatobi. Sosialisasi yang dilakukan di SMAN 2 dan SMA Plus Babusalam didampingi kepala sekolah masing-masing.

Dalam sosialisasi ini para siswa antusias menyimak penyampaian dari para narasumber kegiatan sosialisasi ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para siswa mengenai kinerja Lembaga Bawslu Wakatobi yang baru mereka kenal.

Baca Juga :  Ajak Dhuafa Belanja jadi Program Rutin, Sekot Baubau Libatkan 32 SKPD

Dua rangkaian kegiatan Bawaslu Wakatobi yakni rapat bersama mitra kerja dan sosialisasi Goes To School dipandu Kasek Bawslu Kabupaten Wakatobi Dr. La Ode Yusuf, M. Hum.

Diharapkan penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Wakatobi kedepan berjalan lancar, aman, dan sukses sesuai amanah undang-undang. Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Advertisement -
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here