BI dan Bank Sultra Perluas Peredaraan Uang di Wakatobi

76
Kepala perwakilan BI Sultra, Dirut Bank Sultra dan Bupati Wakatobi berpose bersama kelompok petani rumput laut yang mendapat bantuan. (FOTO KURNIAWATI).
-Advertisement-

WAKATOBI, Kumparansultra.com- Bank Indonesia (BI) bekerjasama Bank Sultra menggagas program perluasan jangkauan distribusi uang dan layanan kas BI di Kabupaten Wakatobi. Program ini dapat menjangkau area desa yang selama ini sulit mendapatkan fisik uang dengan kualitas baik.

Selain program perluasan jangkauan, BI juga menggagas program sosial. Program ini untuk pengembangan komoditas rumput laut di Wakatobi.

- Advertisement -

Bupati Wakatobi, H. Arhawi mengungkapkan rasa terima kasih kepada BI dan Bank Sultra yang telah menjadikan Wakatobi sebagai target kerjasama. Apalagi kedua lembaga keuangan resmi itu juga akan membangun kantor kas dan mengembangkan potensi rumput laut di Wakatobi.

“Pemkab Wakatobi siap memfasilitasi dan mendorong pembebasan lahan kantor kas dan endorong pengembangan potensi rumput laut di Kaledupa. Tahun 2020 nanti, Pemkab Wakatobi akan membangun laboratorium bibit rumput laut,” ujar Arhawi saat membuka program Launching BI Jangkau dan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia Pengembangan Komoditas Rumput Laut di aula Persanggerahan Budaya Wangi-Wangi, Senin 9 September 2019.

Kepala perwakilan BI Sultra, Suharman Tabrani menjelaskan, pihaknya telah menjalin beberapa kerjasama yang baik dengan Pemkab Wakatobi. Khususnya untuk tiga sektor penting.

“Tiga sektor itu yakni pariwisata di Desa Wisata Waha, perikanan di Binongko dan peningkatan komoditas ekspor rumput laut di Desa Liya Mawi dan Desa Darawa berupa rumah produksi,” katanya.

Direktur umum Bank Sultra, Hj Hayati Hasan menambahkan, Bank Sultra telah bekerjasama dengan BI Perwakilan Sultra dalam program layanan kas BI Jangkau. Program ini memastikan ketersediaan dan distribusi uang layak edar melalui lima kantor kas Bank Sultra yang ada di Wakatobi.

“Bank yang telah membukukan laba setelah pajak sebanyak 215 miliar pada tahun 2018 ini, akan terus berekspansi mendekatkan layanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Warga Tomia Gelar Lomba Shalawat

Diakhir kegiatan, Bupati Wakatobi, H. Arhawi melakukan penandatanganan kerjasama program BI Jangkau. Selanjutnya menyerahkan program sosial bantuan sarana dan prasarana pengembangan komoditi rumput laut Desa Liya Mawi kepada kelompok Lagundi dan program sosial BI bantuan sarana pendukung kegiatan pendidikan kepada SMAN 4 Wakatobi.

Kegiatan ini juga dihadiri sekitar 150 siswa setingkat SD, SMP, dan nasabah Bank Sultra. Mereka diberikan sosialisasi mengenali ciri keaslian uang rupiah. (adm)

Peliput: Kurniawati

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Advertisement -
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here