Disdukcapil Baubau Butuh Kendaraan e-KTP Keliling

35
ILUSTRASI (FOTO. INT)

BAUBAU,Kumparansultra.com- Sistem jemput bola perekaman e-KTP di Kota Baubau belum berjalan begitu efektif. Hal itu dikarenakan belum adanya kendaraan operasional berupa mobil e-KTP keliling yang dimiliki instansi teknis.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengatakan, upaya jemput bola perekaman e-KTP diinstruksikan langsung Kemendagri Dirjen Capil RI. Sistem jemput bola ini sebagai upaya percepatan perekaman data penduduk.

- Advertisement -

Hanya saja, sistem jemput bola perekaman e-KTP di Baubau sedikit susah-susah gampang dilaksanakan. Pasalnya, petugas harus mencabut lagi alat perekaman yang terpasang di kantor dinas setempat.

“Nah, untuk perekaman ditempat ini ada sedikit kendala yang kita hadapi. Kendala itu berupa belum adanya mobil operasional perekaman e-KTP keliling. Itu seperti mobil SIM keliling yang dimiliki Polres,” katanya.

Kata dia, bila pihaknya mendapat laporan untuk rekam keliling maka alat dikantor harus dicabut lagi. Kendati begitu, pihaknya tetap memaksimalkan apa yang ada untuk pelayanan kependudukan ini.

Pun demikian, Ia menghimbau kepada masyarakat untuk sementara dan sebisanya langsung ke kantor saja untuk mengurus dokumen kependudukan sebelum kekurangan tersebut terpenuhi. Ia memastikan pelayanan akan dilakukan dengan cepat dan efisien.

Ditanya kapan rencana pengadaan mobil e-KTP keliling ini, pria yang juga menjabat Kepala BPBD Baubau ini belum bisa memastikan. Kata dia, kebutuhan itu belum sempat diusulkan pada APBD 2019, begitu pula pada APBD 2019 perubahan nanti.

“Kalau perubahan rasa-rasanya belum bisa juga. Tapi kalau di APBD 2020 nanti kemungkinan akan kami usulkan. Moga saja bisa diamini pemerintah daerah agar pelayanan dokumen kependudukan di Baubau bisa lebih maksimal lagi kedepan,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Jasa Raharja Sultra Bayarkan Santunan Kecelakaan di Baubau Dalam Hitungan Jam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here