Festival Barata Kulisusu Tampilkan Pagelaran Kesenian Daerah

64
Bupati Buton Utara (Butur), H. Abu Hasan saat membuka pagelaran kesenian daerah Festival Barata Kulisusu ke-2 dan Sail Wonderful Indonesia ke-3 bertempat di lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa 13 Agustus 2019 malam. ((FOTO ILHAM)
-Advertisement-

BURANGA, Kumparansultra.com- Bupati Buton Utara (Butur), H. Abu Hasan resmi membuka pagelaran kesenian daerah. Pagelaran ini dalam rangka Festival Barata Kulisusu ke-2 dan Sail Wonderful Indonesia ke-3 bertempat di lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa 13 Agustus 2019 malam.

Abu Hasan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi pagelaran ini turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 dengan ikut melestarikan nilai-nilai budaya lokal.

- Advertisement -

Abu Hasan berharap besar festival seni ini bukan hanya sebagai tontonan belaka. Namun bisa menjadi tuntunan bagi generasi yang akan datang untuk mengembangkan budaya lokal Butur agar bisa dikenal lebih luas.

Atas tujuan itu, Ia pun meminta kepada Dinas Pariwisata Butur untuk memperbanyak program atraksi budaya khas Butur. Berbagai atraksi ini sebisanya dikemas lebih matang lagi.

“Apalagi wisatawan manca negara yang tergabung dalam Sail Wonderful Indonesia juga ikut menyemarakkan kagiatan ini. Olehnya, festival ini harus dikemas lebih baik lagi dengan menghadirkan atraksi budaya yang lebih banyak. Kalau perlu setiap bulannya dilaksanakan atraksi budaya,” ungkapnya.

Adapun jenis-jenis kesenian yang dilombakan pada pagelaran kesenian kali ini berupa tari lense, tari ngibi, dan tari balumpa. Ketiga jenis tari yang dilombakan tersebut masing-masing pesertanya berasal dari desa/kelurahan, pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK.

Lalu ada juga musik meganda yang pesertanya diikuti oleh desa/kelurahan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seluruh kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 13 hingga 15 Agustus 2019. (adm)

Penulis : Ilham

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Tim Sepakbola U-14 Butur Gagal Juarai Piala Menpora di Solo
Advertisement -
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here