Ini Daftar Qori dan Qoriah Utusan Baubau di STQ Sultra

84
Wakil Wali Kota Baubau memberi semangat kepada Qori dan Qoriah utusan Baubau yang berlaga di STQ Sultra ke-25. (FOTO SUKRI)

BAUBAU, Kumparansultra.com- 11 Qori dan Qoriah dari total 65 peserta perwakilan delapan kecamatan di Kota Baubau berhasil menjadi yang terbaik pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kota Baubau. Ke-11 peserta potensial ini akan diutus berlaga pada STQ tingkat Provinsi Sultra ke-25 pada 23 Maret mendatang.

Ke-11 utusan ini resmi mewakili Baubau setelah ajang STQ tingkat Kota Baubau ditutup Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse di hotel Sun City, Selasa 12 Maret 2019. Sebelumnya, 65 peserta dari seluruh perwakilan kecamatan ini berlaga selama empat hari ditempat yang sama.

- Advertisement -

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain sebagai bentuk persiapan pemerintah dalam menghadapi STQ tingkat provinsi, kegiatan itu juga merupakan sarana pembinaan mental dan spiritual masyarakat.

“Apalagi khan Baubau sudah membangun sebuah lembaga yakni markas tilawah. Daerah lain belum ada tapi Baubau sudah mengagas. Nah, kita harapkan melalui lembaga itu terjadi sinkronisasi dan koordinasi yang baik antar pembina tilawah dimasing-masing kecamatan untuk disatu padukan demi menghasilkan qori qoriah maupun hafidz hafidjah yang handal,” katanya.

Orang nomor dua di Baubau melihat potensi generasi muda cukup banyak dan baik. Tinggal meningkatkan pembinaan dan bimbingan dari guru senior sehingga peserta bisa menemukan jati dirinya sebagai qori maupun qoriah terbaik.

“Kita tidak ingin mencari kebanggaan semu saja, dalam artian Kota Baubau menjadi juara tapi justru potensinya datang dari luar. Harapan kita, potensi itu lahir dari dalam daerah kita sendiri” katanya.

Ditanya mengenai target, Ia hanya ingin menjadikan Baubau sebagai kota yang dikenal tak hanya sisi pembangunan fisik saja tapi juga mental spiritual dari pemahaman keagamaan. “Kalaupun kita bisa menjuarai STQ maupun MTQ nantinya, saya kira menjadi nilai tambah untuk kita,” katanya.

Baca Juga :  Karang Taruna Murhum Apresiasi Sarasehan Kominfo

Kasubag Keagamaan Kesra Setda Kota Baubau, La Ode Asrul menambahkan STQ tingkat provinsi akan terbagi dalam enam kategori jenis lomba. Namun Baubau hanya berhasil mengutus 11 peserta untuk tiga kategori saja.

“Enam sebenarnya tapi tiga kita tidak ikut karena tak ada pesertanya. Yakni Hifdzil Qur’an 30 juz, tafsir dan hadits. Dengan jumlah peserta yang seharusnya ikut itu ada 20 orang,” katanya.

Kedepan kekosongan peserta diakui akan diatasi. Optimisme itu dikarenakan Baubau sudah lahir lembaga markas tilawah. (adm)

Berikut 11 daftar qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Baubau di STQ Sultra ke 25 :

1. M. Syahrul Ramadhan cabang lomba Tilawah golongan kanak-kanak.
2. Nur Amalia cabang lomba Tilawah golongan anak-anak.
3. La Jainal S.pd cabang lomba Tilawah golongan dewasa.
4. Kartina cabang lomba Tilawah golongan dewasa.
5. Muh. Ridwan cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 1 Juz dan Tilawah.
6. Sri Wahyuni cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 1 Juz dan Tilawah.
7. Teguh cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 5 Juz dan Tilawah.
8. Hidayah cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 5 Juz dan Tilawah.
9. Ahmad Noval cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 10 Juz.
10. Yupita cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 10 Juz.
11. Muh. Fikri cabang lomba Hifdzil Qur’an golongan 20 Juz.

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here