Lima Perguruan Silat Adu Kemampuan di Festival Budaya Tua Buton

111
Peserta dari salah satu perguruan silat tengah menunjukkan kemampuannya di Festival Pesona Budaya Tua Buton 2019 di alun-alun kompleks perkantoran Takawa, Buton, Selasa 20 Agustus 2019. (FOTO AFRIZAL)
-Advertisement-

PASARWAJO, Kumparansultra.com- Lomba silat tradisional Buton yang dikenal dengan sebutan “Manca” turut memeriahkan festival pesona budaya tua Buton 2019. Kegiatan ini dipusatkan di alun-alun kompleks perkantoran Takawa, Kabupaten Buton, Selasa 20 Agustus 2019.

Peserta yang mengikuti lomba silat manca ini sebanyak 30 orang. Mereka berasal dari lima perguruan silat manca yang ada di Kabupaten Buton.

- Advertisement -

“Lombanya hanya satu hari, mulai pukul 14.00 wita dan berakhir pukul 17.00 wita,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buton, La Ode Syamsuddin ditemui di kompleks Takawa.

Kata dia, lomba silat manca ini dibagi dua kategori. Diantaranya kategori perorangan dan beregu.

Setiap peserta dituntut menunjukan kemampuan serta jurus yang dikuasai. Kemampuan mereka akan dinilai oleh juri yang ahli dibidang itu.

“Bagi yang berhasil mendapatkan juara atau menjadi pemenang lomba setelah melalui penilaian juri, maka mereka akan diberikan hadiah,” jelas Syamsuddin.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional masyarakat Buton, khususnya dibidang bela diri. Selain itu menjadi ajang pencarian bibit atlet berkualitas.

“Besar harapan kita mereka yang memiliki talenta dibidang ini bisa bersaing diajang pencak silat nasional dengan event yang lebih besar,” katanya. (adm)

Penulis : Afrizal Kasim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Puluhan Layang-layang Mengudara di Puncak Takawa
Advertisement -
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here