Orientasi Wakil Rakyat di Sultra, Ali Mazi: Semoga Amanah

72
Ali Mazi memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Sultra disalah satu hotel di Kendari, Senin 23 September 2019. (FOTO ISTIMEWA)
-Advertisement-

KENDARI, Kumparansultra.com- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi membuka kegiatan orientasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2019-2024 Kabupaten/Kota se-Sultra di salah satu hotel di Kendari, Senin 23 September 2019.

Kegiatan ini dihadiri Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, BPSDM Provinsi Sultra, Sekwan kabupaten kota, serta tim Korsupgah KPK yang berkenaan memberikan materi.

- Advertisement -

Dalam orientasi ini, Ali Mazi mengatakan, saat ini dibutuhkan wakil rakyat yang mampu berpikir visioner dan konstruktif melahirkan idi-ide dalam mengambil keputusan yang strategis. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam kerangka pembangunan daerah.

Perwakilan dari BPSDM Kemendagri, Teguh Setyabudi saat memberikan sambutan dalam giat kegiatan orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Sultra.

“Saya mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu para anggota DPRD kabupaten kota yang baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu. Semoga mendapatkan berkah dalam rangka mengemban amanah rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten kota masing-masing,” kata Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra ini menjelaskan, kondisi geografis wilayah Sultra terdiri dari daratan dan lautan yang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan beragam. Sementara secara demografis, kondisi masyarakat memiliki tingkat kesejahteraan yang beragam dan latar belakang kultur yang berbeda-beda.

Kondisi tersebut memberi peluang dan juga sekaligus menjadi tantangan tersendiri. Olehnya dibutuhkan perhatian dan penanganan bersama seluruh pihak, khususnya secara holistik antara pihak eksekutif dan legislatif.

Utamanya itu, kata dia, dalam pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan untuk memberi pendapat dan rekomendasi serta tindak lanjut penyelesaian permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah.

“Harapan saya kepada para peserta orientasi agar mampu menerapkan prinsip-prinsip kerja dalam hal koordinasi, intergrasi, sinkronisasi dan sinergitas antar wilayah. Antara pemerintahan, demi kesinambungan mekanisme kerja dan harmonisasi sesama unsur penyelenggara pemerintah daerah dan DPRD kabupaten kota,” jelasnya.

Baca Juga :  Awasi Pilkada Wakatobi, Galang Partisipasi Pemilih Milenial
Peserta Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Sultra saat mengikuti kegiatan orientasi.

Politisi Partai NasDem ini menjelaskan, Sultra saat ini sedang mengusung visi pembangunan daerah tahun 2018-2023 dengan visi besar “Terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermatabat”.

Untuk mendorong terwujudnya visi tersebut, maka dalam rangka memenuhi aspirasi seluruh lapisan masyarakat, telah dicanangkan lima program prioritas daerah yang terdiri dari Sultra beriman, berbudaya, sehat, produktif dan peduli kemiskinan dalam hal ini membantu masyarakat miskin.

“Kelima program prioritas dimaksud secara kewilayahan, pelaksanaannya diarahkan melalui strategis pendekatan gerakan akselerasi pemerataan pembangunan daratan dan lautan kepulauan, yang dikenal dengan akronim Garbarata,” jelasnya.

Kebijakan tersebut diharapkan mendapat dukungan politis dari legislatif baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten kota, selaku mitra pemerintah daerah.

Khususnya dalam mengkoordinasikan, mengintergrasikan harmonisasi pelaksanaan kebijakan program dan kegiatan, serta sekaligus memberikan solusi terkait persoalan yang timbul dalam proses pembangunan di wilayah Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi didampingi perwakilan dari BPSDM Kemendagri, Teguh Setyabudi berpose bersama peserta Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Sultra.

“Olehnya itu saya berharap keikutsertaan saudara dalam orientasi ini, akan menambah wawasan dan cara pandang baru dalam mencermati setiap permasalahan pemerintahan di daerah. Terlebih senantiasa bisa menjadi bagian mitra yang harmonis dalam penyelesaian masalah,” ungkapnya.

Ali Mazi juga berharap agar kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya. Ikuti materi orientasi secara seksama dan jadikan sebagai media untuk sharing pengalaman dan pengetahuan antar sesama anggota yang memberikan manfaat dalam menjalankan tugas sebagai anggota DPRD daerah masing-masing.

“Saya menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggara orientasi ini, dan menyampaikan terimah kasih kepada semua pihak yang berperan dalam kegiatan ini. Semoga tuhan yang maha kuasa, senantiasa mencurahkan rahmat dan bimbingan-Nya kepada kita semua,” tutupnya. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Advertisement -
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here