Pelayanan Akta Kelahiran, Disdukcapil Wakatobi Terbaik di Sultra

135
Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim R

WAKATOBI, Kumparansultra.com- Cakupan penerbitan akta kelahiran yang ditangani Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wakatobi mencapai 95,7 persen. Perolehan ini sekaligus menempatkan Disdukcapil Wakatobi menjadi yang terbaik dijazirah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) khusus penerbitan dokumen itu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Wakatobi, Abdul Rahim R mengungkapkan perolehan 95,7 persen cakupan akta kelahiran ini diumumkan saat pertemuan di kantor Disdukcapil Sultra yang dihadiri seluruh Dinas Disdukcapil Kabupaten/Kota di Sultra beberapa waktu lalu. Dari pertemuan itu, diumumkan bahwa Disducapil Wakatobi menjadi peringkat pertama.

- Advertisement -

“Pencapaian program ini berupa cakupan penerbitan akta kelahiran usia 0-18 tahun. Progran ini sudah kita lakukan sejak sistem elektronik diberlakukan hingga saat ini,” kata Abdul Rahim R, ditemui di Wangi-Wangi, Sabtu 11 Mei 2019.

Prestasi ini, kata dia, diperoleh berkat kerja sama seluruh pegawai Disdukcapil Wakatobi. Terlebih dari dukungan seluruh masyarakat Wakatobi.

Pun demikian, prestasi tersebut bukan menjadi harga bahwa pelayanan pengurusan dokumen kependudukan telah maksimal. Namun prestasi ini harus dijadikan pelecut semangat agar pihaknya terus melakukan inovasi kedepan.

Ia mengakui masih ada beberapa desa yang harus terus digenjot pelaksanaannya khususnya di Pulau Tomia. Hal itu bisa dilihat dengan masih adanya sekitar empat persen lebih yang belum dimaksimalkan.

Ditanya untuk capaian E-KTP, Abdul Rahim mengakui Wakatobi tidak menjadi terbaik pertama. Namun capaiannya cukup menggembirakan sebab bisa masuk diurutan tiga besar dengan presentase yang tidak terpaut terlalu jauh.

“Untuk capaian KTP elektronik Wakatobi urutan ketiga dengan presentase 95,4 persen. Wajib E-KTP kita sebanyak 79.054 jiwa sesuai DPT dan yang belum melakukan perekaman mayoritas saat ini berada diluar daerah,”tandasnya.

Peliput: Kurniawati
Editor : Sukri Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pelipatan Surat Suara di Wakatobi Tuntas, 7.652 Lembar Dinyatakan Rusak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here