Penggiat Seni di Sultra Helat Konser Amal Penggalangan Dana Korban Banjir

38
FOTO ISTIMEWA
-Advertisement-

KENDARI, Kumparansultra.com– Sejumlah penggiat seni di Sulawesi Tenggara menggagas pergelaran “Konser Amal” di Kota Kendari. Pentas musik dan seni bertajuk “Donasi Bencana Banjir Sulawesi Tenggara” diselenggarakan Sabtu 15 Juni 2019 di Posko Induk Tim Kerja Relawan- Peduli Konawe Utara (TKR-PKU) di Talk Cafe mulai pukul 19.00 WITA.

Ketua Panitia pentas penggalangan dana korban bencana banjir Sultra, Topan Vibra mengatakan, konser amal malam ini akan diramaikan kolaborasi apik dari sederet penggiat seni di Bumi Anoa.

Diantaranya komika andal Raim Laode dan Inal Tora, penyair dan cerpenis Irianto Ibrahim dan Deasy Tirayoh, musisi lokal Riqar Dersana dan sejumlah insan seni lain.

Sambil menikmati aksi kolaborasi di panggung konser amal, kata Topan pengunjung bisa sekaligus menyalurkan donasi untuk korban banjir di Konawe Utara, Konawe, Kolaka Timur dan Konawe Selatan.

“Donasi bisa berupa uang atau barang yang diperlukan bagi korban banjir. Seperti makanan, pakaian layak pakai, selimut, tenda, logistik makanan dan obat-obatan. Kita berharap lebih banyak donasi yang terkumpul untuk kemudian kami salurkan ke mereka yang tertimpa bencana banjir melalui TKR-TKU,” urai Topan.

Owner Talk Cafe, Sawaludin mengatakan donasi yang terkumpul melalui gelaran konser amal akan disalurkan melalui tim TKR-TKU. Tim ini merupakan gabungan sejumlah komunitas dan volunteer yang tergerak membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir di Sultra. Sebut saja diantaranya Teman Kecil Production, Dompet Dhuafa, Wiber, Indie Logis, Good Day, Sultra Island Care, Pendaki Indonesia, KPGI, IKA SMANLAN dan TALK CAFE.

TKR-TKU sendiri telah bergerak selama selama lebih sepekan menggalang donasi dan mengirim bantuan sekaligus menjadi relawan di lokasi bencana banjir di Sultra. Diantaranya di Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Koltim dan Konsel.

Baca Juga :  Data Terbaru Banjir Konut: 370 Rumah Hanyut, 18.765 Jiwa Terdampak

“Setiap hari di Talk Cafe kami menerima kiriman donasi baik berupa dana maupun barang dari kawan-kawan yang tergerak membantu korban banjir. Bahkan ada yang menawarkan kendaraan untuk keperluan drop bantuan dan relawan ke lokasi bencana. Bantuan yang kami terima kemudian kami salurkan bertahap ke titik lokasi bencana banjir yang diidentifikasi memang sangat membutuhkan,” katanya.

“Ada juga yang menawarkan menjadi relawan. Itu kemudian kami data dan pastikan bisa bekerja membantu tim di lapangan. Kami berterimakasih kenapa masyarakat yang telah berkenan berpartisipasi meringankan beban saudara kita. Kita berharap konser amal kali ini lebih banyak donasi terkumpul,” sambungnya.

Untuk diketahui, Jum’at lalu TKR-TKU bersama Dompet Duafa melakukan pengiriman logistik makanan dan bantuan lain plus tenaga dokter untuk membatu penanganan pengungsi korban banjir di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

Ketua Tim TKR-TKU, Mirza yang saat ini membantu korban banjir di Kabupaten Konawe mengatakan, pihaknya telah mendata berbagai kebutuhan darurat warga di lokasi bencana Diantaranya peralatan medis, air minum, pangan/makanan, alat tidur, selimut, peralatan dapur darurat, hyegienic kit dan air bersih.

“Di Konawe Utara ada tiga sungai meluap dan itu menyebabkan banjir di enam kecamatan di Konut diantaranya Kecamatan Andowia, Asera, Oheo, Wiwirano. Tiga kecamatan masih terisolir,” urainya. (adm)

 

 

 

Sumber : Inilahsultra.com

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here