Ribuan Orang Nganggur di Buteng

107
ILUSTRASI. (FOTO INT)
-Advertisement-

LABUNGKARI, Kumparansultra.com- Jumlah pencari kerja alias pengangguran di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) masih cukup tinggi. Jumlahnya bahkan mencapai ribuan orang.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Buteng, hingga akhir 2018, sedikitnya tercatat 2.044 orang yang mencoba peruntungan mencari pekerjaan.

“Tapi dari jumlah ini tidak seluruhnya pengangguran tetap ya. Ada sebagian telah bekerja tapi penghasilannya tidak tetap atau biasa disebut pekerja lepas, sehingga dimasukan dalam kategori pengangguran tidak tetap,” kata Kadis Nakertrans Buteng, La Saripi, melalui Kepala Seksi Pelatihan Kerja, Karni.

Pun begitu, jumlah ini hanya sekitar 1,05 persen dari jumlah usia produktif pencari kerja diatas usia 15 tahun sebanyak 105.295 jiwa.

Sedang hingga Juni 2019 ini, jumlah pencari kerja baru mencapai 508 orang. Data ini berdasarkan kartu kuning yang dikeluarkan pihaknya.

Untuk mengurangi angka pengangguran ini, Disnaker Buteng tak tinggal diam. Pihaknya telah mengambil langkah dengan mendata perusahaan swasta yang masuk di Buteng dan diupayakan memberdayakan masyarakat lokal sebagai tenaga kerja. (adm)

Penulis : Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Sudah 17 Peserta Lulus Passing Grade di Buteng

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here