Surat Suara Pemilu Tiba di Baubau Pekan Ini

56

BAUBAU, Kumparansultra.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau baru akan menerima surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada 8 Maret 2019 pekan ini. Jumlahnya 551.865 surat suara.

“Surat suara belum tiba, tapi informasi yang kami terima dari percetakan di Surabaya akan tiba pada 8 Maret ini, empat hari lagi. Jumlah total 551.865 surat suara,” kata Ketua KPUD Kota Baubau, Edi Sabara di kantornya, Senin 4 Maret 2019.

- Advertisement -

Kata dia, 551.865 surat suara itu merupakan akumulasi dari lima item pemilihan. Per itemnya berjumlah 107.985 ditambah cadangan dua persen menjadi 110.373 surat suara.

Pun demikian, Edi Sabara mengaku jumlah ini belum termasuk dengan cadangan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). Kata dia, dalam regulasi untuk PSU dipersiapkan 1.000 surat suara per itemya.

“Jadi masih ada 5.000 surat suara lagi untuk PSU. Sesungguhnya (surat suara untuk PSU) sudah harus masuk bersamaan pada 8 Maret nanti manakala ada hal-hal yang dijadikan dasar untuk PSU. Jadi memang sudah harus siap dan tiba pada 8 Maret itu,” katanya.

Setelah surat suara tiba dan sudah berada di gudang KPUD Baubau, Edi Sabara mengaku pihaknya akan segera melakukan penyortiran. Sortir dilakukan untuk memilah surat suara yang bagus dan rusak.

“Jika ada yang rusak maka kita akan catat dan dilaporkan untuk diadakan pergantian,” katanya.

Setelah itu, kata dia, pihaknya akan mengadakan rapat kembali untuk melihat SOP tentang pelipatan dan sebagainya. Hal itu penting agar tenggat waktu kegiatan yang direncanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Kita akan sesuaikan dengan SOPnya karena distribusi khan direncanakan H-1 sebelum pencoblosan. Jadi kita masih ada cukup waktu untuk melipat, mengepak dan mengeset untuk dikirimkan keseluruh TPS yang ada,” tukasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Gugatan Litanto Kandas di MK, Kery Lanjut Dua Periode

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here