Usulan Pinjaman Rp 1,1 Triliun untuk Biayai Sejumlah Program Strategis AMAN

98
Gubernur Sultra, Ali Mazi (FOTO ISTIMEWA)
-Advertisement-

KENDARI, Kumparansultra.com- Pemerintah Provinsi Sultra mengusulkan pinjaman Rp 1,1 triliun ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Anggaran ini untuk mendanai sejumlah proyek strategis pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN).

Salah satu proyek strategis itu adalah pembangunan jalan Kendari-Toronipa. Rencananya jalur jalan ini akan dibangun sepanjang 14,60 kilometer.

- Advertisement -

“Kami ingin meningkatkan kualitas jalan. Tentunya akan berdampak pada pembangunan ekonomi,” kata Gubernur Sultra, Ali Mazi saat rapat paripurna mendengarkan penjelasan Gubernur mengenai usulan pinjaman tersebut di DPRD Sultra, beberapa waktu lalu.

Kata dia, pembangunan jalan Kendari-Toronipa akan melahirkan simpul ekonomi baru. Khususnya di sektor pariwisata.

“Di jalur ini ada beberapa obyek wisata yang tidak kalah cantiknya yakni Pulau Bokori, Pantai Toronipa dan Labengki di Konawe Utara,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, pemerintah pusat saat ini tengah gencar-gencarnya meningkatkan sektor pariwisata. Khusus pariwisata di Toronipa ini, pemerintah tentu akan memberi dukungan.

Ali Mazi merinci, Kementerian Pekerjaan Umum memiliki anggaran Rp 500 triliun. Bila dikucurkan din Sultra sekitar Rp 1 sampai Rp 2 triliun untuk pembangunan infrastruktur penopang pariwisata maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat.

Ia meyakini, dengan hadirnya akses dan pembangunan infrastruktur pariwisata yang memadai maka wisatawan domestik dari luar Kendari tak perlu berwisata ke tempat lain.

“Pertumbuhan ekonomi di Sultra ini terus meningkat seiring banyaknya pekerja dari luar. Misalnya pusat industri di Konawe yang menyerap pekerja sekitar 15 ribuan orang,” jelasnya.

“Nah, mereka jika berlibur maka disini saja. Daripada ke Makassar, lebih baik ke Toronipa saja,” tambahnya.

Proyek selanjutnya adalah pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah bertaraf internasional. Rumah sakit ini ini rencananya dibangun setinggi 17 lantai yang akan terintegrasi dengan hotel dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga :  Istri ADP Kandidat Kuat Wakil Wali Kota Kendari

Proyek selanjutnya adalah pembangunan perpusatakaan bertaraf internasional. Tujuannya untuk meningkatkan kecerdasan pelajar di Sultra. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Advertisement -
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here